Kamis, 03 Januari 2013

Jagoanku suka bunga,,, dan car :-D

Fero termasuk cepat bisa berdiri sendiri, bisa berdiri sendiri usia 8m, kirain 9m mau jalan hehe
tapi sampai tepat 12m, Fero masih belum bisa jalan sendiri

ketika usia 8m, Fero belum bisa merangkak dan itu jadi salah satu kekhawatiran saya karna salah satu tahap yg harus dilalui seorang anak adalah merangkak #kata psikolog yg mengisi tolk show di kalbe nutrition

saya lupa efeknya apa jika anak tidak melalui tahap merangkak, yg saya ingat bahwa merangkak itu harus dilalui, jika ketika bayinya tidak melalui tahap merangkak, maka sesudah besar nanti harus diajarkan merangkak

kelupaan saya jadi bikin penasaran karna ketika mau menyampaikan ke temen, saya tidak punya data pendukung, sedangkan anak yg tidak melalui tahap merangkak itu dianggap hal biasa karna setiap anak itu unik #begitulah kira-kira yg sering kita dengar

setelah beberapa lama, saya menemukan artikel di kompas female yg membahas kenapa anak perlu melalui tahap merangkak, dijelaskan bahwa merangkak itu salah satu kemampuan motorik kasar, ketika seorang anak tidak tidak melalui tahap merangkak maka akan mengganggu motorik kasarnya yg berupa keseimbangan koordinasi antara mata dengan tangan dan kakinya.

Artikel tersebut juga menyebutkan tentang resiko timbulnya gangguan ADHD, salah satu gangguan konsentrasi. Hal ini mengingatkan saya bahwa talk show yg saya ikuti saat itu adalah tentang gangguan-gangguan pada anak, ada terlambat bicara, ADHD, autis dll
#harus saya cari dulu materi talk shownya, lupa terselip dimana hehe

Karna kekhawatiran saya terhadap Fero yg belum bisa merangkak saat itu, saya sepakat dengan suami untuk terus menstimulasi Fero agar bisa merangkak.

Alhamdulillah 8m2w Fero sudah bisa merangkak #jadi dalam 2 minggu stimulasi tiap hari, Fero sudah bisa merangkak

yg mesti diingat bahwa ketika stimulasi jaga suasana agar have fun, tidak memaksa si baby :)
#baru sadar saya bahwa saya saat itu kurang menstimulasi Fero untuk merangkak, karna Fero senang ditetah, ya udah ikutin terus kemauan Fero, ternyata ada yg terlupa *stimulasi merangkak*

Selama stimulasi, jadi jarang banget di tetah.
Setelah bisa merangkak juga jadi jarang di tetah karna sedang menikmati Fero yg baru bisa merangkak. mulai dari selangkah jatoh sampai bisa ngejar mamanya dengan merangkak hehe

Waktu terus berlalu, sudah tepat 1 tahun tapi Fero belum berani melangkah. Hanya berdiri sendiri trus lepas pegangannya. Timbul lagi deh kekhawatiran #dasar emak-emak ya,, hehe

Mulai deh cari cara stimulasi yg bisa menggugahkan keinginan Fero untuk berjalan #jiaahh,,bahasanya,,hihi

Suatu hari, saat daddy nya Fero di rumah #kadang walaupun hari minggu tetep kerja
Fero diajak daddy nya main di halaman rumah, di depan. Di sana lumayan banyak tanaman bunga. saya sih sibuk ngerjain kerjaan rumah.

setelah salah satu kerjaan saya selesei, saya menghampiri Fero dan daddy di depan
surprisee,,,,
saya liat Fero berjalan sendiri sekitar 1-1,5m tanpa bantuan :-D

seneng kan tuuh,,
"waah,, Fero hebat,, udah bisa jalan sendiri"
"iya mommy, Fero kan hebat,, kiss dong" jawab si daddy
#kisskiss fero deh

setelah beberapa kali distimulasi jalan sendiri, keliatannya Fero sudah mulai capek, ya udah Fero dibiarin main merangkak deh :)

sambil nemenin Fero, penasaran kan tuh gimana caranya Fero mau jalan
"dad, kok bisa Fero mau jalan? gimana tadi caranya?"
"tadi mainin bunga diputer-puter, keliatannya seneng tuh dia, ya udah yg satu daddy pegang, trus minta Fero buat ambil sendiri, samperin daddy, eh dia mau, daddy mundur aja dikit-dikit, lumayan juga tuh jalannya"

sejak saat itu, tiap pagi Fero ambil bunga kamboja di depan rumah, kalo nangis, diajak liat bunga atau diambilin bunga langsung deh senyum :)
#bunganya tiap pagi rontok banyak, jadi tinggal mungut di bawah pohonnya

tambah besar, udah bis jalan kemana-mana, mulai dateng musim hujan, bunganya tambah dikit, ga ada yg rontok, sampe biar bunganya jatoh, Fero ngegoyangin pohonnya, bisa tuh sampai ada yg jatoh, kata mbahnya tenaganya kuat beneer,, hehe

sekarang sih sedang tidak berbunga
sekarang kalau nangis atau pengen sesuatu, tinggal tunjukkin "car" langsung deh bilang
"car" ga ada yg nyautin
"caarr" masih belum disautin
"caaaaaaaaarr"
"mana car?"
"ini" sambil nunjuk gambar car
^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar